Jenis-Jenis Komputer berdasarkan Tujuannya

Jenis-Jenis Komputer berdasarkan Tujuannya
Meskipun jenis-jenis komputer ada banyak, namun berdasarkan tujuannya, komputer dibagi menjadi dua jenis yaitu general purpose computer dan special purpose computer. Berikut penjelasan dan contohnya:

1. General Purpose Computer (Komputer untuk Tujuan Umum)



Sebagian besar komputer yang digunakan saat ini adalah general purpose computer, yang dibuat dengan tujuan untuk melakukan berbagai macam pekerjaan. Dengan menggunakan jenis general purpose computer dan perangkat lunak tertentu maka berbagai macam tugas dapat diselesaikan, diantaranya menulis dan mengedit dokumen, memanipulasi data dalam database, melacak persediaan produksi, melakukan perhitungan ilmiah, atau bahkan mengontrol sistem keamanan, konsumsi listrik dan suhu bangunan sebuah organisasi.

Feneral purpose computer dirancang untuk melakukan berbagai macam fungsi dan operasi. Anda mungkin bahkan menggunakan jenis komputer ini untuk membaca artike ini dan sebenarnya saya juga menggunakan jenis general purpose computer untuk menulis artikel ini.

Komputer Desktop, Ultrabook, Notebook atau Laptop, Netbook, Tablet dan Smartphone, merupakan contoh dari general purpose computer.

ENIAC dirancang dan dibuat pada 1940-an, adalah general purpose computer pertama. ENIAC berbobot 30 ton dan mencakup area seluas sekitar 1.800 kaki persegi. Namun seiring dengan perkembangan teknologi komputer, ukuran fisik komputer menjadi bervariasi, misalnya smartphone saat ini berbobot hanya beberapa ons dan cukup kecil untuk diselipkan ke dalam saku.

2. Special Purpose Computer (Komputer untuk Tujuan Khusus)


Seperti namanya, special purpose computer dirancang untuk melakukan tugas tertentu dan hampir setiap waktu tugas jenis komputer ini adalah untuk memecahakan satu masalah tertentu. Mereka juga dikenal sebagai komputer khusus, karena dikhususkan untuk melakukan satu tugas berkali-kali.

Sistem special purpose computer akan sangat berguna dalam memainkan grafis video game yang intensif, sistem kontrol lampu lalu lintas, sistem navigasi di dalam pesawat, peramalan cuaca, pelacakan atau peluncuran satelit, penambangan minyak, dan pada industri otomotif, pencatat waktu pada jam tangan digital, atau robot helikopter.

Meskipun special purpose computer mungkin memiliki banyak fitur yang sama dengan yang ditemukan pada jenis general purpose computer, namun penerapannya untuk memecahkan masalah tertentu merupakan tujuan dari perancangan special purpose computer. Instruksi yang mengendalikannya dibangun langsung ke dalam komputer, sehingga membuat sebuah operasi lebih efisien dan efektif.

Special purpose computer hanya melakukan satu fungsi sehingga akan mengurangi jumlah memori yang dibutuhkan dan juga jumlah informasi yang dapat menjadi input ke dalamnya. Karena jenis komputer-komputer ini hanya harus melakukan satu tugas maka mereka cepat dalam melakukan pemrosesan.

Kekurangan dari jenis komputer ini adalah fleksibilitas komputer itu sendiri, special purpose computer tidak bisa digunakan untuk melakukan operasi-operasi lainnya.

No comments:

Powered by Blogger.